PENUNTUN PRAKTEK TIK


Perangkat Lunak Pengolah Kata

Standar Kompetensi:

Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk membuat informasi.

Kompetensi Dasar:

  1. Mengidentifikasi menu ikon pada perangkat lunak pengolah kata.
    1. Memahami fungsi menu ikon pada program pengolah kata.

Kegiatan 1

Identifikasi menu ikon perangkat

lunak pengolah kata

  1. I. Tujuan

Agar siswa mampu mengidentifikasi menu ikon perangkat lunak pengolah kata.

II  Alat dan Bahan

  1. Unit komputer
  2. Charta
  3. Buku acuan

III. Urutan kerja

  1. Aktifkanlah program pengolah kata (MS Word) dengan langkah-langkah sebagai berikut.
  • Tekan tombol power untuk mengaktifkan komputer.
  • Tunggu sejenak dan di layar akan muncul tampilan desktop dari windows.
  • Klik tombol Start pada baris task bar, arahkan pada pilihan program, kemudian klik pilihan Microsoft Word dan pada layar terlihat lembar kerja Microsoft Word.

2. Perhatikan charta-charta berikut dengan teliti!

Charta 1:

1    2        3               4          5

6                                7

Chart 2:

Chart  3

3.  Diskusikanlah permasalahan-permasalahan yang tersedia!

4. Ketiklah hasil diskusi kalian dalam lembar kerja MS Word!

5. Simpanlah hasil diskusi kalian dalam folder yang diberi identitas nama kalian dengan nama file

Langkah-langkah penyimpanan adalah sebagai berikut.:

  1. Klik menu bar File, maka akan muncul menu pull down.
  2. Pilih clan klik sub menu Save As, maka akan muncul kotak dialog yang berisi perintah-perintah yang harus dijawab.
  3. Untuk membuat folder barn, klik toolbar Create New Folder, maka akan muncul kotak dialog. Pada baris Name isilah nama folder sesuai dengan keinginan user (nama kalian), kemudian klik tombol OK, maka dalam baris Save In tertulis nama folder sesuai dengan nama kalian.
  4. Pada perintah file name ketiklah Kegiatan I.
  5. Klik tombol Save yang terdapat pada sudut kanan bawah. Data kalian sudah tersimpan dalam folder nama kalian dengan nama file “Kegiatan I”.

IV. Permasalahan:

1. Sebutkan nama bagian-bagian charta 1 yang ditunjukkan oleh nomor:

  1. ……………………………………………………………………………
  2. …………………………………………………….………………………
  3. …………………………………………………………………………….
  4. ………………………………………………….…………………………
  5. …………………………………………………………………………..
  6. …………………………………………………………………………..
  7. ……………………………………………………………………………..

2. Sebutkan nama bagian-bagian charta 2 yang ditunjukkan oleh nomor:

  1. …………………………………………………………………………..
  2. …………………………………………………………………………….
  3. …………………………………………………………………………..
  4. …………………………………………………………………………….
  5. …………………………………………………………………………….
  6. …………………………………………………………………………….
  7. …………………………………………………………………………..
  8. ……………………………………………………………………………
  9. …………………………………………………………………………….

10.  …………………………………………………………………………….

11.  …………………………………………………………………………..

12.  …………………………………………………………………………..

13.  …………………………………………………………………………..

14.  …………………………………………………………………………..

15.  ……………………………………………………………………………

16.  ……………………………………………………………………………

17.  ……………………………………………………………………………

18.  ……………………………………………………………………………

19.  …………………………………………………………………………..

20.  …………………………………………………………………………….

21.  …………………………………………………………………………..

22.  …………………………………………………………………………..

23.  ……………………………………………………………………………..

3. Sebutkan nama bagian-bagian charta 3 yang ditunjukkan oleh nomor:

  1. …………………………………………………………………………..
  2. …………………………………………………………………………….
  3. …………………………………………………………………………..
  4. …………………………………………………………………………….
  5. …………………………………………………………………………….
  6. …………………………………………………………………………….
  7. …………………………………………………………………………..
  8. ……………………………………………………………………………
  9. …………………………………………………………………………….

10.   ………………………………………………………………………….

11.  …………………………………………………………………………..

12.  …………………………………………………………………………..

13.  …………………………………………………………………………..

14.  …………………………………………………………………………..

15.  ……………………………………………………………………………

16.  ……………………………………………………………………………

  1. ………………………………………………………………………

Kegiatan 2

Fungsi menu ikon perangkat lunak pengolah kata

I.  Tujuan

Agar siswa memahami fungsi menu ikon pada perangkat lunak pengolah kata.

  1. II. Alat dan bahan

  1. Unit komputer
  2. Charta kegiatan 1
  3. Buku acuan

III. Urutan Kerja:

  1. Aktifkanlah program pengolah kata (MS Word).
  2. Bukalah dokumen yang telah disimpan pada pertemuan yang lalu, melalui langkah-langkah berikut.
    1. Klik menu bar File, maka akan muncul menu pulldown.
    2. Pilih clan klik sub menu Open, maka akan muncul kotak dialog.
    3. Pilihlah folder yang telah kalian buat (Nama foldernya nama kalian sendiri) pada perintah Look in dengan menekan tombol drop down yang terdapat di sebelah kanan nama folder/subdirektori.
    4. Klik nama folder yang akan dibuka (folder nama kalian) dan klik tombol Open yang terdapat di sudut kanan bawah, maka akan terlihat file yang akan dibuka (misal: Kegiatan 1).
    5. Klik nama file yang akan dibuka (Kegiatan 1) dan dilanjutkan klik Open, maka akan muncul file kalian yang telah disimpan.
  3. Diskusikanlah permasalahan-permasalahan yang tersedia.
  4. Simpanlah hasil diskusi kalian dalam folder kalian dengan nama File Langkah-langkah penyimpanan adalah sebagai berikut.
  1. Klik menu bar File, maka akan muncul menu pull down
  2. Pilih clan klik sub menu Save As, maka akan muncul kotak dialog yang berisi perintah-perintah yang harus dijawab.
  3. Pada perintah File Name, Kegiatan 1 diganti Kegiatan 2.
  4. Klik tombol Save yang terdapat pada sudut kanan bawah. Data kalian sudah tersimpan dalam folder nama kalian dengan nama file “Kegiatan 2”. Dalam folder nama kalian sekarang berisi 2 file, yaitu Kegiatan 1 dan Kegiatan 2.

IV. Permasalahan

1. Sebutkan fungsi bagian-bagian charta 1 yang ditunjukkan oleh nomor:

  1. ……………………………………………………………….…………
  2. …………………………………………………….……………………
  3. ………………………………………………………………………
  4. ………………………………………………….…………………
  5. ………………………………………………………………………
  6. ………………………………………………………………………
  7. ……………………………………………………………………..

2. Sebutkan fungsi bagian-bagian charta 2 yang ditunjukkan oleh nomor:

  1. …………………………………………………………………………..
  2. ………………………………………………………………………….
  3. …………………………………………………………………………..
  4. ………………………………………………………………………….
  5. ………………………………………………………………………….
  6. ………………………………………………………………………….
  7. …………………………………………………………………………..
  8. …………………………………………………………………………
  9. ………………………………………………………………………….

10.  ………………………………………………………………………….

11.  …………………………………………………………………………..

12.  …………………………………………………………………………..

13.  …………………………………………………………………………..

14.  …………………………………………………………………………..

15.  …………………………………………………………………………

16.  …………………………………………………………………………

  1. ………………………………………………………………………
  2. ………………………………………………………………………
  3. ……………………………………………………………………..
  4. …………………………………………………………………….
  5. ……………………………………………………………………..
  6. …………………………………………………………………..
  7. ………………………………………………………………..

3. Sebutkan fungsi bagian-bagian charta 3 yang ditunjukkan oleh nomor:

  1. ……………………………………………………………………………..
  2. …………………………………………………………………………….
  3. ……………………………………………………………………………..
  4. …………………………………………………………………………….
  5. …………………………………………………………………………….
  6. …………………………………………………………………………….
  7. ……………………………………………………………………………..
  8. ……………………………………………………………………………
  9. …………………………………………………………………………….
  10. …………………………………………………………………………….
  11. ……………………………………………………………………………..
  12. ……………………………………………………………………………..
  13. ……………………………………………………………………………..
  14. ……………………………………………………………………………..
  15. ………………………………………………………………………………
  16. ………………………………………………………………………………
  17. ………………………………………………………………………………

Kegiatan 3

Bentuk tampilan MS Word

I. Tujuan

Memahami bentuk-bentuk tampilan pada MS Word.

II. Alat dan bahan

  1. Unit komputer
  2. Buku acuan
  1. III. Urutan kerja

  1. Aktifkanlah program pengolah kata (MS Word).
  2. Bukalah file Kegiatan 2.
  3. Ubahlah tampilan clokumen kalian kedalarn bentuk tampilan normal (Normal View), kemudian simpanlah dalam tile baru yang diberi nama Kegiatan 2 A.
  4. Ubahlah tampilan clokumen pada nomor 3 ke dalam bentuk tampilan Web (Web Layout View) kemudian simpanlah dalarn file baru clan diberi nama Kegilatan 2 B.
  5. Ubahlah tampilan dokumen pada nomor 4 ke dalam bentuk Print Layout View, kemudian simpanlah dalam file baru dan diberi nama Kegiatan 2 C!
  6. Ubahlah tampilan dokumen pada nomor 5 ke dalam bentuk Outline View kemudian simpanlah dalam file baru dan diberi nama Kegiatan 2 D!
  7. Diskusikanlah permasalahan-permasalahan yang tersedia! (Bagi sekolah yang sudah memiliki komputer, ketik dan simpanlah hasil diskusi dalam file Kegiatan 3).

IV. Permasalahan

Jelaskan keuntungan dan kelemahan bentuk tampilan:

  1. Normal View

Jawab: ……………………………………………………………..

……………………………………………………………………..

……………………………………………………………………..

  1. Web Layout View

Jawab: ……………………………………………………………..

………………………………………………………………………

……………………………………………………………………….

  1. Print Layout View

Jawab: ………………………………………………………………

………………………………………………………………………

……………………………………………………………………….

  1. Outline View

Jawab: ………………………………………………………………..

………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………..

Membuat Dokumen Baru

Standar Kompetensi:

Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk membuat informasi.

Kompetensi Dasar:

  1. Menggunakan menu ikon pokok pada perangkat lunak pengolah kata.

2.Membuat dokumen teks sederhana.

Kegiatan 1

Mengetik dengan komputer

I.  Tujuan

Agar Siswa dapat mengetik dengan menggunakan komputer.

II. Alat dan  Bahan

  1. Unit komputer
  2. Teks “Microsoft Word 2002 “
  3. Buku acuan

III. Urutan Kerja

1. Aktifkan program pengolah kata (MS Word) dengan langkah-langkah berikut.

  1. Tekan tombol power untuk mengaktifkan komputer.
  2. Tunggu sejenak dan di layar akan muncul tampilan desktop dari windows.
  3. Klik tombol Start pada baris taskbar, arahkan pada pilihan program, kemudian klik pilihan Microsoft Word. Pada layar terlihat lembar kerja Microsoft Word dengan nama file Document 1 – Microsoft Word.

2.  Sebelummengetikdiskusikanlahpermasalahan-permasalahanyangtersedia.

3. Ketiklah teks berikut pada lembar kerja Document 1, dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Ukuran kertas sesuai dengan yang telah disiapkan lembar kerja Document 1, jenis huruf untuk judul Times New Roman 14 sedang untuk yang lain Times New Roman 12.
  2. Jarak spasi sesuai dengan yang telah disiapkan lembar kerja Document 1 dengan teks dibuat rata kiri.
  3. Simpanlah hasil ketikan kalian dalam folder nama kalian dan file diberi nama Tugas 2a.
  1. Apabila pengetikan sudah selesai kita keluar dari MS Word dan Windows.

MICROSOFT WORD 2002

Microsoft Word 2002 ini merupakan salah satu aplikasi yang berada dalam Microsoft Office XP yang mempunyai beberapa kemampuan di dalamnya. Salah satu kemampuannya adalah kemudahan dalam membuat surat mulai yang sederhana sampai dengan yang kompleks, membuat dan berkirim surat dengan e-mail, membuat dan berkirim fax, membuat surat berantai, membuat halaman web, bekerja dengan tabel, dan berbagai aplikasi lain, balk dokumen bisnis maupun pribadi serta mudah berintegrasi dengan aplikasi Microsoft Office lain.

IV. Permasalahan

  1. Bagaimanakah cara mengetik judul yang dicetakdenganhuruf kapital semua?
  2. Jawab: …………………………………………………………………….
  3. Bagaimana caramengetikhuruf capital pada sebuah kata yanghuruf kapitalnya hanyahuruf pertama?
  4. Jawab: ……………………………………………………………….
  5. Seandainya kalian salah ketik sebuah huruf /kata /kalimat,bagaimanakah cara menghapusnya?

Jawab: ………………………………………………………………

  1. Bagaimanakah cara membuat jarak antara satu kata dengan kata yang lain?.

Jawab: ……………………………………………………………….

  1. Bagaimana cara mengetik jika dalam tombol keyboard terdapat 2 pilihan huruf?

Jawab: …………………………………………………………………..

  1. Bagaimana cara kita keluar dari MS Word dan Windows?

Jawab: ………………………………………………………………….

Kegiatan 2

Mengatur ukuran, margin, dan posisi kertas

I.    Tujuan

Siswa dapat mengatur ukuran, margin, dan posisi kertas.

II. Alat dan bahan

  1. Unit komputer
  2. Teks “Microsoft Word 2002″Tugas 2a
  3. Buku acuan
  1. IV. Urutan kerja

  1. Aktifkanlah program pengolah kata (MS Word) dengan langkah-langkah sebagai berikut.
    1. Tekan tombol power untuk mengaktifkan komputer.
    2. Tunggu sejenak dan di layar akan muncul tampilan desktop dari windows.
    3. Klik tombol Start pada baris taskbar, arahkan pada pilihan program, kemudian klik pilihan Microsoft Word. pada layar terlihat lembar kerja Microsoft Word dengan nama file Document 1 – Microsoft Word.

2. Sebelum membuka dan mengatur file Tugas 2a, diskusikanlah permasalahan-permasalahan yang tersedia.

3.  Bukalah dokumen yang telah kalian simpan pada kegiatan 1, pada folder nama kalian dan file Tugas 2a.

4.  Aturlah file tersebut dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Ukuran kertas folio (width: 21,5 cm, height: 33 cm).
  2. posisi kertas berdiri (portrait).
  3. Batas atas (top margins): 3 cm, batas bawah (bottom margins): 3 cm, batas kiri (left margins): 3 cm clan batas kanan (right margins): 3 cm.
  4. Simpanlah pengaturan kalian dalam folder nama kalian clan file diberi nama Tugas 2b.

5.  Apabila pengaturan kertas suclah selesai kita keluar dari MS Word dan Windows.

  1. Permasalahan
  1. Tulislah langkah-langkah membuka file Tugas 2a pada folder nama kalian!

Jawab: ……………………………………………………………….

  1. Tulislah langkah-langkah untuk menentukan ukuran clan posisi kertas!

Jawab: …………………………………………………………………

  1. Tulislah langkah-langkah untuk menentukan margins kertas! Jawab: …………………………………………………………………
  2. Tulislah langkah-langkah untuk menyimpan dari File Tugas 2a menjadi Tugas 2b!

Jawab: …………………………………………………………………

Kegiatan 3

Memformat teks

I. Tujuan

Siswa dapat memformat teks dengan menggunakan fasilitas menu format.

  1. Alat dan bahan

  1. Unit komputer
  2. Teks “Microsoft Word 2002” Tugas 2b
  3. Buku acuan

III. Urutan kerja

1. Aktifkanlah program pengolah kata (MS Word) dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Tekan tombol power untuk mengaktifkan komputer.
  2. Tunggu sejenak dan di layar akan m uncu I tam pi Ian desktop dari windows.
  3. Klik tombol Start pada baris taskbar, arahkan pada pilihan program, kemudian klik pilihan Microsoft Word. Pada layar terlihat lembar kerja Microsoft Word dengan nama file Document 1 – Microsoft Word.
  4. Sebelum memformat file Tugas 2b, diskusikanlah permasalahan-permasalahan yang tersedia.
  5. Bukalah dokumen yang telah kalian simpan pada kegiatan 2, pada folder nama kalian dan file Tugas 2b.
  6. Aturlah teks tersebut dengan ketentuan sebagai berikut.
    1. Judul teks dicetak tebal.
    2. Jenis huruf Arial.
    3. Ukuran huruf Judul teks 18 sedang isi teks 14.
    4. Kata-kata berbahasa asing dicetak miring.
    5. Naskah dibuat rata kanan, spasi 1,5 dan bentuk paragraf First Line.
    6. Simpanlah hasil format kalian dalam folder nama kalian dan file diberi nama Tugas 2c.

5.  Apabila pengaturan huruf clan paragraf sudah selesai kita keluar dari MS Word dan Windows.

IV. Permasalahan

  1. Tulislah langkah-langkah untuk memformat jenis huruf, ukuran huruf clan font style!

Jawab: …………………………………………………………

  1. Tulislah langkah-langkah untuk memformat perataan naskah, jenis paragraf, clan spasi!.

Jawab: ……………………………………………………………

Kegiatan 4

Membuat kolom (columns) dan drop cap

I. Tujuan

Siswa dapat memformat teks dalam bentuk kolom (columns) dan pencetakan drop cap.

II.. Alat dan bahan

  1. Unit komputer
  2. Teks “Microsoft Word 2002” Tugas 2c
  3. Buku acuan

III. Urutan kerja

1. Aktifkanlah program pengolah kata (MS Word) dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Tekan tombol power untuk mengaktifkan komputer.
  2. Tunggu sejenak clan di layar akan muncul tampilan desktop dari windows.
  3. Klik tombol Start pada baris taskbar, arahkan pada pilihan program, kemudian klik pilihan Microsoft Word. Pada layar terlihat lembar kerja Microsoft Word dengan nama file Document 1 – Microsoft Word.

2.  Sebelum memformat naskah    Tugas dalam     bentuk kolom (column) membuat drop cap, diskusikanlah permasalahan-permasalahan yang tersedia.

3.  Bukalah dokumen yang telah kalian simpan pada kegiatan 3, pada folder nama kalian dan file Tugas 2c.

4.  Formatlah teks tersebut   dalam    bentuk kolom (column) clan huruf pertama dari paragraf tersebut dibuat drop cap.

5. Simpanlah hasil format kalian dalam folder nama kalian clan file diberi nama Tugas, 2d!

6. Apabila pengaturan huruf clan paragraf sudah selesai kita keluar dari MS Word dan Windows.

IV. Permasalahan

  1. Tulislah langkah-langkah untuk memformat naskah dalam bentuk kolom (column)!

Jawab:

  1. Tulislah langkah-langkah untuk memformat pembuatan drop cap pada huruf pertama dari kata pertama paragraf tersebut!

Jawab:

Kegiatan 5

Mencetak dokumen

I. Tujuan

Agar siswa dapat mencetak dokumen yang telah dibuat.

II. Alat dan bahan

  1. Unit komputer
  2. Teks “Microsoft Word 2002” Tugas 2d
  3. Buku acuan

III. Urutan Kerja:

1. Aktifkanlah program pengolah kata (MS Word) dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Tekan tombol power untuk mengaktifkan komputer.
  2. Tunggu sejenak dan di layar akan muncul tampilan desktop dari windows.
  3. Klik tombol Start pada baris taskbar, arahkan pada pilihan program, kemudian klik pilihan Microsoft Word. Pada layar terlihat lembar kerja Microsoft Word dengan nama file Document 1 – Microsoft Word.

2.  Bukalah dokumen yang telah kalian simpan pada kegiatan 4, pada folder nama kalian dan file Tugas 2d.

3. Sebelum mencetak file Tugas 2d, diskusikanlah   permasalahan-permasalahan yang tersedia.

4. Cetaklah file Tugas 2d yang telah kalian buka.

5. Apabila pencetakan sudah selesai kita keluar dari MS Word clan Windows.

IV. Permasalahan

1.  Untuk memastikan dokumen yang akan dicetak, terlebih dahulu kita   lihat tampilan dokumen yang sesuai hasil cetakan dengan memanfaatkan submenu Print Preview. Tulislah langkah-langkah untuk melihat tampilan yang sesuai hasil cetakan!

Jawab:

2.  Tulislah langkah-langkah untuk mencetak dokumen!

Jawab:

Memodifikasi   Dokumen

Standar Kompetensi:

Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk membuat informasi

Kompetensi Dasar:

Menggunakan menu ikon pokok pada perangkat lunak pengolah kata.

Kegiatan 1

Mengedit dokumen

I. Tujuan

Siswa dapat memperbaiki dan mengubah dokumen yang telah ditampilkan.

II.. Alat dan Bahan

  1. Unit komputer
  2. Teks “Microsoft Word 2002″Tugas 2c
  3. Buku acuan

III. Urutan Kerja

1.   Aktifkanlah program pengolah kata (MS Word) dan aktifkan File Tugas 2d pada folder nama kalian dengan langkah-langkah berikut.

  1. Tekan tombol power untuk mengaktifkan komputer.
  2. Tunggu sejenak dan di layar akan muncul tampilan desktop dari windows.
  3. Klik tombol Start pada baris taskbar, arahkan pada pilihan program, kemudian klik pilihan Microsoft Word. Pada layar terlihat lembar kerja Microsoft Word dengan nama file Document 1 – Microsoft Word.
  4. Aktifkan file Tugas 2c dengan langkah-langkah sebagai berikut. Klik menu bar File, klik sub-menu Open, pada perintah look in carilah folder nama kalian dengan cara klik tombol drop down, klik folder nama kalian, klik Open, klik Tugas 2d, klik Open.

2.   Sebelum memperbaiki dan atau mengubah dokumen Tugas 2c, diskusikan permasalahan-permasalahan yang tersedia!

3. Hapuslah kata mempunyai pada teks Microsoft Word 2002! Simpanlah dokumen ini dengan nama Tugas 3a.

4. Aktifkan kembali dokumen Tugas 2c! dantilah Kata mempunyai menjadi memiliki! Simpanlah dokumen ini dengan nama Tugas 3b.

5. Aktifkan kembali dokumen Tugas 2c! Sisipkanlah kata dan kepraktisan di antara kata kemudahan clan dalam! Simpanlah dokumen ini dengan nama Tugas 3c.

6. Aktifkan kembali dokumen Tugas 2c! ketiklah kalimat berikut sehingga dapat bekerja dengan efektif dan efisien di bawah naskah aslinya. Kemudian copy dan sisipkan kalimat tersebut sesudah kata manusia! Simpanlah dokumen ini dengan nama Tugas 3d.

IV. Permasalahan

  1. Tulislah 2 macam cara menghapus kata atau kalimat! Jawab: ……………………………………….
  2. Tulislah 2 langkah untuk mengubah kata atau kalimat! Jawab: ………………………………………..
  3. Bagaimanakah cara menyisipkan kata atau kalimat dalam suatu naskah?

Jawab: …………………………………………………….

  1. Tulislah langkah-langkah menyisipkan dengan menyalin (mengopi) kata atau kalimat dari suatu naskah ke dalam naskah lain!

Jawab: ………………………………………………………….

Kegiatan 2

Menyisipkan file teks dan gambar

I. Tujuan

Siswa dapat menyisipkan teks dan gambar dari suatu file ke dalam teks yang terdapat pada file yang lain.

II.  Alat dan bahan

1.  Unit komputer

2.  Teks “Microsoft Word 2002” Tugas 3d

3.  Buku acuan

III. Urutan Kerja

1.   Aktifkanlah   program      pengolah kata (MS Word) dan aktifkan File Tugas 2d pada Folder nama kalian dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Tekan tombol power untuk mengaktifkan komputer.
  2. Tunggu sejenak dan di layar akan muncul tampilan desktop dari windows.
  3. Klik tombol Start pada baris taskbar, arahkan pada pilihan program, kemudian klik pilihan Microsoft Word. Pada layar terlihat lembar kerja Microsoft Word dengan nama file Document 1 – Microsoft Word.
  4. Aktifkan file Tugas 3d dengan langkah-langkah sebagai berikut. Klik menubar File, klik sub-menu Open, pada perintah look in carilah folder nama kalian dengan cara klik tombol drop down, klik folder nama kalian, klik Open, klik Tugas 3d, klik Open.

2. Sebelum menyisipkan teks dan atau gambar dari file lain ke dalam teks yang terdapat pada file Tugas 3d, diskusikanlah permasalahan-permasalahan yang tersedia.

3. Aktifkanlah toolbar New Blank Document dan ketiklah naskah berikut! Simpanlah dalam folder nama kalian dengan nama file Tugas 3e.

Microsoft Word 2002 salah satu program aplikasi yang sangat bermanfaat bagi kita khususnya bagi orang-orang yang dapat mengoperasikannya. Untuk dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh Microsoft Word 2002, kita harus dapat mengoperasikan program aplikasi tersebut. Agar kita dapat mengoperasikan program aplikasi Microsof Word, laksanakanlah kegiatan­kegiatan yang ada pada buku ini secara bertahap dan teliti. Kami yakin jika kita melaksanakan dengan sungguh-sungguh, maka kita dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada dalam program aplikasi Microsoft Word.

4. Sisipkanlah naskah dalam file Tugas 3e dan letakan di bawah naskah Microsoft Word 2002 dalam file Tugas 3d. Simpanlah naskah gabungan tersebut dalam folder nama kalian dengan nama file Tugas 3f.

5. Sisipkanlah gambar Komputer dari Clip Art di atas naskah Microsoft Word 2002 dalam file Tugas 3f. Simpanlah naskah yang telah disisipi gambar tersebut dalam file Tugas 3g.

IV. Permasalahan:

  1. Bagaimanakah cara mengaktifkan dokumen barn?

Jawab: ……………………………………………….

  1. Tulislah langkah-langkah penyisipan naskah dari file Tugas 3e yang diletakan di bawah naskah Microsoft Word 2002 dalam file Tugas 3d!

Jawab : ………………………………………………….

  1. Tulislah langkah-langkah penyisipan gambar komputer dari Clip Art di atas teks Microsoft Word 2002 dalam file Tugas 3f!

Jawab: ………………………………………………………..

Kegiatan 3

Membuat dan mengatur table

I.  Tujuan

Siswa dapat membuat tabel yang berguna untuk bekerja dengan angka atau data-data yang cukup banyak dan sating berhubungan.

II. Alat dan bahan

  1. Unit komputer
  2. Disket
  3. Buku acuan

III. Urutan Ke rja:

1. Aktifkanlah program pengolah kata (MS Word) dengan langkah-langkah berikut.

  1. Tekan tombol power untuk mengaktifkan komputer.
  2. Tunggu sejenak dan di layar akan muncul tampilan desktop dari windows.
  3. Klik tombol Start pada baris taskbar, arahkan pada pilihan program, kemudian klik pilihan Microsoft Word. Pada layar terlihat lembar kerja Microsoft Word dengan nama file Document 1 – Microsoft Word.

2. Sebelum membuat dan mengatur tabel, diskusikan permasalahan-permasalahan yang tersedia.

3. Buatlah daftar nama siswa berikut:

Nomor Nama Jenis

Kelamin

Keterangan
Urut Induk
1. 10001 Agus Muldi L
2. 10002 M. Arifin L
3. 10003 Indo Tuwo P
4. 10004 Mutmainnah P
5. 10005 Muh. Subhan L
6. 10006 Arbaina P
7. 10007 Mustikasari P
8. 10008 Mustakim L
9. 10009 Syahrul Anwar L
10. 10010 Zubaedah P

4.   Simpanlah hasil pengetikan ke dalam folder nama kalian dengan nama file Tugas 3g!

IV. Permasalahan

  1. Tulislah langkah-langkah pembuatan tabel!

Jawab: ………………………………………………

  1. Bagaimanakah cara melebarkan kolom?

Jawab: ………………………………………………

  1. Bagaimanakah cara meninggikan baris?

Jawab: …………………………………………………….

  1. Tulislah langkah-langkah perataan teks dalam tabel!

Jawab: ………………………………………………………

  1. Tulislah langkah-langkah penggabungan beberapa sell Jawab: …………………………………………………..

Kegiatan 4

Memanfaatkan fungsi find dan replace

I. Tujuan

Siswa dapat dengan memudah mencarian clan mengganti satu kata atau beberapa kata dalam sebuah teks yang sangat panjang.

II.. Alat dan bahan

1.  Unit komputer

2.  Teks “Microsoft Word 2002” Tugas 3f

3.  Disket

4.  Buku acuan

III. Urutan kerja

1. Aktifkanlah program pengolah kata (MS Word) dengan langkah-langkah berikut.

  1. Tekan tombol power untuk mengaktifkan komputer.
  2. Tunggu sejenak dan di layar akan muncul tampilan desktop dari windows.
  3. Klik tombol start pada baris taskbar, arahkan pada pilihan program, kemudian klik pilihan Microsoft Word. Pada layar terlihat lembar kerja Microsoft Word dengan nama file Document 1 – Microsoft Word.
  4. Aktifkan file Tugas 3f dengan langkah-langkah berikut. Klik menubar File, klik sub-menu Open, pada perintah look in carilah folder nama kalian dengan cara klik tombol drop down, klik folder nama kalian, klik Open, klik Tugas 3f, klik Open.

2. Sebelum melakukan pencarian dan penggantian kata dalam suatu teks, diskusikanlah permasalahan­permasalahan yang tersedia.

3. carilah kata-kata Microsoft dalam teks “Microsoft Word 2002” dengan memanfaatkan fasilitas Find clan Replace.

4. Gantilah kata-kata Microsoft menjadi MS dengan memanfaatkan fasilitas Find clan Replace!

5. Simpanlah teks “Microsoft Word 2002” yang telah diadakan penggantian pada kata Microsoft menjadi MS ke dalam folder nama kalian clan nama file Tugas 3h.

IV. Permasalahan

1. Tulislah langkah-langkah untuk mencari kata-kata Microsoft dalam teks “Microsoft Word 2002” dengan memanfaatkan fasilitas Find dan Replace!

Jawab: …………………………………………………….

2. Tulislah langkah-langkah untuk mengganti kata-kata Microsoft menjadi MS dalam teks “Microsoft Word 2002” dengan memanfaatkan fasilitas Find dan Replace!

Jawab: …………………………………………………………….

4 responses to “PENUNTUN PRAKTEK TIK

    • Terima kasih atas segala ilmu yang telah diberikan pada pelatihan blog pendidikan yang diselenggarakan oleh ICT UNM. Harapan kami semoga tetap dilanjutkan pada pelatihan-pelatihan berkutnya yang berkaitan langsung dengan kegiatan pembelajaran guru khususnya pada pembuatan media pembelajaran.

    • Insya Allah karena menyebarkan ilmu yang bermanfaat itu amal jariah, semoga saudaraku hartoto dkk selalu dalam keadaan sehat waafiat dan senantiasa selalu mencurahkan perhatiannya serta mengikuti perkembangan teknologi khususnya teknologi pendidikan sebagai perancang desain pembelajaran. Wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s